Jumat, 19 September 2008

Supados teu lieur

Tips Menghalau Stress Saat Ujian

Stress saat ujian? BIASA BANGET DECH tapi kalau nggak bisa mengatasinya, dijamin ujian kita kacau balau.
Menurut para ahli, stress adalah suatu kondisi dimana kita dihadapkan pada kesempatan, batasan atau tuntutan-tuntutan yang berkaitan dengan keinginan kita. Actually stress itu mggak bisa dihindari namun sebaliknya kita kita harus bisa mengelola stress. Caranya? Dengan membuat kondisi-kondisi yang berpotensi mengalihkan stress menjadi prilaku yang efektif. Susah nggak sich? Mudah ko caranya;
Pertama, dengan membiasakan otak kita untuk berpikir positif, misalnya saat kita menemukan soal yang sulit dan berpikir untuk menyerah, kamu harus berteriak dalam hati “aku tak boleh menyerah” atau “ aku pasti bisa”.
Kedua, hindari kondisi pemicu stress; contohnya badan yang kurang fit, ketidaksiapan mental dll.
Selain kedua cara tersebut ada juga lho tips-tips buat kalian;
1. Siapkan peralatan ujian dengan baik; mempersiapkan alat ujian ini hukumnya WAJIBUL KUDU dan harus sudah masuk ke dalam tas kamu sehari sebelum saat ujian tiba.
2. Datang lebih awal sebelum ujian dilaksanakan ; hal ini akan membuat kita merasa lebih siap menghadapi ujian dibandingkan dengan teman yang datang terlambat, artinya kita minimal sudah menang 1 – 0 dari mental teman2.
3. Tenang dan Percaya Diri bahasa gaulnya Calm and Confident, caranya gimana? Gampang sebelum ujian dimulai kalian harus berdo’a dengan khusu soalnya dengan do’a akan membuat pikiran kita tenang, nah kalo dah tenang khan kita bisa mengerjakan soal dengan baik.
4. Jangan tegang dan jangan terburu buru untuk menyelesaikan soal; kebanyakan dari kalian kalo udah ada temen yang keluar padahal waktu masih banyak kalian jadi panik akhirnya asal-asalan mengisi soal.
5. Tutup dengan do’a.

Tidak ada komentar: